Nasib siswa Ciamis di USM Daerah ITB


Waduh…. USM Daerah ITB udah diumumin ternyata… Gmana nih nasib anak-anak Ciamis di USM Daerah ini?? Berapa banyak siswa Ciamis yang daftar USM? Berapa juga yang keterima?

Beberapa hari menjelang USM, saya (atas nama keluarga Mahasiswa Ciamis ITB) mencoba menghubungi beberapa Kepala Sekolah / Guru di beberapa SMA di Ciamis untuk menanyakan siswa di sekolahnya yang mengikuti USM Daerah. Dari hasil bertanya itu, pas dihitung ternyata hanya 8 orang yang ikut USM se-kabupaten Ciamis (yang berhasil dihubungi). Namun, beberapa saat menjelang USM, ada kabar lagi ternyata dari SMAN 2 Ciamis bertambah 4 siswa , jadi total peserta USM Daerah dari Ciamis yang berhasil saya dapatkan datanya berjumlah 12 siswa. Asal SMA mereka tersebar di Ciamis, ada yang dari SMAN 1 Ciamis ( 4 siswa), SMAN 2 Ciamis ( 5 siswa), MAN 2 Ciamis ( 1 siswa), SMAN 1 Banjarsari ( 1 siswa), MAN Darussalam (1 siswa).  Dari 12 siswa tersebut 3 siswa merupakan siswa yang telah lulus seleksi administrasi Beasiswa ITB untuk semua, 4 siswa yang lolos tahap 2 Beasiswa Pelopor dari Pemerintah Prov. Jawa Barat dan sisanya adalah yang berinisiatif sendiri untuk ikut USM ITB ini… Sayangnya dari semua yang daftar itu tidak ada yang meneruskan jejeak saya di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika. Kebanyakan daftarnya FTI dan SF… ya sudahlah…. ga papa… hehe….

USM berlangsung selama 2 hari. Pada awalnya, saya berniat mengumpulkan mereka di hari pertama, biar bisa sharing bareng anak-anak KMC ITB. Tapi karena mempertimbangkan banyak hal, akhirnya saya dan anak-anak KMC lain sepakat untuk mengumpulkan mereka semua setelah semua test USM selesai. Saat itu,  yang ikut kumpul ada 8 siswa, yang 4 lagi gak ikut kumpul karena ga ke jarkom.. hehe… Waktu itu kami berbincang-bincang mengenai perkuliahan di ITB sekaligus memberi motivasi bagi mereka…

2 minggu kemudian, USM diumumumkan. Saya pun mencoba untuk melihat hasil USM karena sebelumnya sudah mengumpulkan data yang berkaitan dengan USM seperti no. peserta, dll. karena lupa meminta no. formulir, saya tanya lagi pas hari-H pengumuman sekaligus menanyakan kabar mereka, kebanyakan sih belum pada liat hasilnya, jadi sekalian aja saya liatin… Dan ternyata….. pas masukin data pertama,  saya liat hasilnya ternyata gagal masuk ITB, yang kedua juga sama, begitu juga yang ketiga. Wah… jangan-jangan anak Ciamis gak ada yang keterima? tapi saya gak putus asa, saya masukan lagi data peserta yang lain… Ternyata sama juga gak keterima…. Sampai akhirnya saya masukkan data peserta yang ikut USM dari beasiswa pelopor. Saat saya liat hasilnya ternyata, ada keterangan yang menyebutkan untuk menanyakan hasil ke pemerintah daerah setempat.  Jadi agak bingung…. Saya lalu tanya salah satu kenalan saya orang ciamis juga yang aktif di ITB, Pa Asep, setelah menanyakan kepada beliau, katanya pengumumannya mungkin besok di pemerintah Prov. Jabar. Karenanya, saya menelon peserta beasiswa pelopor itu untuk menghubungi Panitia Penyelenggara Beasiswa Pelopor. Setelah ditanyakan, hasil USM baru akan diumumkan 2 hari kemudian, yaitu di hari Jum’at.

Pas hari jum’at pagi, kebetulan pas kuliah kimia dasar 2, ada telepon masuk dari Renitia (salah satu peserta beasiswa pelopor)… waduh… saat kuliah, diangkat enggak ya….???… Izin dulu akhirnya untuk mengangkat telepon… Alhamdulillah Renitia berhasil masuk ITB, tetapi belum dapet Fakultas, lewat Kemitraan, jadi mesti ikutan Bridging Program dulu… Di saat itu juga, Renitia menyebutkan bahwa ada 2 siswa dari Ciamis yang lolos dari beasiswa pelopor itu. Selain Renitia ( SMAN 1 Ciamis) ada Ina ( MAN 2 Ciamis) yang juga keterima ITB, dua-duanya masuk Kemitraan jadi mesti Bridging dulu untuk menentukan fakultasnya….

Selamat ya buat Renitia dan Ina yang telah diterima di ITB ini… Mudah-mudahan ke depannya, siswa Ciamis yang diterima ITB bisa nambah lagi… Aminn… Masih ada USM Terpusat dan SNMPTN….

SEMANGAT YA BUAT ANAK-ANAK CIAMIS!!!!

KMC ITB MENUNGGU KALIAN……….!!!!!

Leave a comment