Hikmah Organisasi+Silaturahim


Tak terasa waktu cepat berlalu. Kuliah pun sudah tingkat 4 lagi ternyata. Tingkat 4 lagi sibuk-sibuknya juga buat Tugas Akhir Robot Ikan. Di Himpunan, lagi pada sibuk-sibuknya nyiapin acara Semar (acara level ASEAN). Di Keluarga Mahasiswa Ciamis Galuh Taruna juga lagi sibuk-sibuknya ngurusin KMC-GT Expo yang membuat saya jadi sering pulang ke Ciamis.

Organisasi, kalau dibilang melelahkan, kadang memang terasa melelahkan. Kalau dibilang menghabiskan waktu, kadang juga memang menghabiskan waktu. Menguras uang? Kadang juga emang begitu. Trus ngapain cape-cape ngurusin gituan ya?

Akhir-akhir ini alhamdulillah terasa banyak manfaatnya juga suka ikut kumpul-kumpul di berbagai kegiatan. Dari himpunan, KMC-an, ALusmanis-an, dkk.
——————————————————————————————————————————————–

Sudah lama saya bingung sebenernya bisa bantu apa di acara besar HME (SEMAR). Tapi alhamdulillah, akibat pertemuan saya dengan ketua Permitha (PPI Thailand) saat dulu di Thailand dan ikut beberapa kegiatan di Permitha, saya jadi kenal sama ketuanya, dan akhirnya ketua Permitha ini menyambungkan saya dengan Koordinator PPI Dunia. Kemudian saya sambungkan koordinator PPI Dunia ini dengan panitia SEMAAR. Akhirnya ada manfaatnya juga buat acara SEMAR HME.

——————————————————————————————————————————————–
Sekarang ini KMC Galuh Taruna juga lagi sibuk-sibuknya. Ngurus Tabligh Akbar, Olimpiade Sains, Seminar Pendidikan, dll.

– Buat Tabligh Akbar, tempatnya itu di Mesjid Agung Ciamis. Beruntung sekali sekarang ini ada Pa Wawan Arief (kenal sejak SMP) jadi pengurus Mesjid Agung Ciamis. Alhamdulillah tanpa kesulitan perizinan pun cepat, dan bahkan penyebaran surat pemberitahuan buat tabligh akbar pun dibantu beliau.

– Olimpiade Sains, rencana awalya di SMP 1 Ciamis, alhamdulillah dipermudah juga karena ada Pa Sudarman, salah satu guru saya (meskipun saya bukan alumni SMP1). Karena komunikasi yang jalan terus, dan memang kebaikan beliau juga, peminjaman ruangan SMP1 Ciamis pun bisa cepet. Hanya saja, karena ruangan terbatas, beliau merekomendasikan untuk mencari tempat lain juga (karena buat SMP-SMA). Akhirnya saya datang ke SMP4 Ciamis (saya alumni), bertemu dengan guru-guru yang alhamdulillah masih pada inget saya, dan meminta izin peminjaman ruangan. Pihak sekolah membri sinya positif, hanya saja disuruh pergi ke dinas pendidikan dahulu karena biasanya digunakan UT. Ternyata benar, SMP 4 Ciamis memang digunakan untuk UT. Akhirnya, saya datang langsung ke SMA 1 Ciamis. Tak lama setelah menceritakan niatan meminjam ruangan disampaikan, ternyata Pa Kepala Sekolah langsung bilang “Semua ruangan bisa dipakai!!”. Alhamdulillah…

– Seminar Pendidikan, rencana awalnya tempatnya itu di Islamic Center, dengan asumsi kita bakal punya sponsor kegiatan. TErnyata eh ternyata, kita kesulitan mendapatkan sponsor kegiatan karena berbagai hal. Beruntung, saat itu saya mampir ke DPRD Kab. Ciamis, dan mendapat pencerahan. Akhirnya memindahkan tempat dari Islamic Center ke Aula Gedung DPRD. Awalnya banget sebenarnya punya niatan mendatangkan Pa Menteri Pendidikan untuk datang ke Ciamis. Namun, karena belum jodoh, adi beliau tidak bisa datang. Waktu itu, saya dan ketua pelaksana KMC-GT Expo sempet datang ke Jakarta, ke Kemendikbud, di mana uang transport ke sana-nya dibantu oleh Bu Lela, Kabid Kurikulum Dikmen Ciamis, yang banyak membantu juga dalam KMC-GT Expo ini. Jadi ingat sesuatu, sebenernya pertemuan awal saya dengan Bu Lela agak kurang bagus, tapi karena komunikasi yang terus berjalan, dan akhirnya punya beberapa kesamaan pendapat. Beliau jadi sering memberi masukan bagi saya khususnya.

– Hari Kamis ini, panitia KMC-GT Expo ada yang pergi ke CIamis, salah satunya untuk memasang spanduk. Bingung juga awalnya, alhamdulillah karena Kepala Dinas Pertamanannya adalah Alusmanis juga, beliau dengan senang hati membantu, jadi we bisa diurus cepet.

——————————————————————————————————————————————–
Alhamdulillah tingkat 4 ini, saya sudah mulai mengambil Tugas Akhir. Tugas Akhir yang saya ambil adalah pembuatan Robot Ikan. Awalnya sempet bingung buat nyari tempat buat tempat sharing. Ternyata di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat itu ada Alusmanis juga. Akhirnya saya mengontak beliau dan mengabari niatan saya untuk membuat Robot Ikan. Beliau ternyata sangat antusias membantu, memberi banyak masukan buat Tugas Akhir ini, bahkan sampai-sampai beliau bersedia untuk menyambungkan kami (Tugas Akhirnya bertiga) dengan pihak-pihak yang mungkin terkait dengan pemanfaatan Robot Ikan ini. Alhamdulillah
——————————————————————————————————————————————–

Alhamdulillah ya, ikutan banyak organisasi + sering silaturahim banyak manfaatnya juga ternyata….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s