D3-Metrologi ITB


Angkatan ke-III 2011 – 2012 KEMENTERIAN PERDAGANGAN R.I. bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri-INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (FTI-ITB) membuka kesempatan bagi putra-putri Warga Negara Indonesia untuk mengikuti pendidikan program Diploma III dengan spesialisasi Metrologi dan Instrumentasi. Program ini merupakan program beasiswa pemerintah menyangkut biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran program, proses seleksi, hingga proses pendidikan setelah menjadi siswa program Diploma III tidak akan dikenai biaya apapun. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, ujian masuk Program Diploma III Metrologi dan Instrumentasi tahun ke-3 ini hanya akan diadakan di Bandung, tepatnya kampus Institut Teknologi Bandung (ITB).

Semenjak dibuka 2 tahun yang lalu, program ini telah menjaring pendaftar dari hampir seluruh provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Papua. Jumlah pendaftar program ini pun terus meningkat tiap tahun, dari sekitar 500 pendaftar pada angkatan pertama menjadi 1030 peserta angkatan kedua, dengan jumlah peserta ujian Bandung 614 orang, Yogyakarta 166 orang, dan Surabaya 155 orang. Lulusan-lulusan program ini dapat berkarir sebagai pejabat fungsional penera di lingkungan Kementerian Perdagangan atau yang membidangi unit Metrologi di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, lulusan terbaik dari program Diploma III Metrologi ini akan memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan sarjana dengan beasiswa di Ecole Superieure De Metrologie de Deoui (ESM) Perancis dengan persyaratan kemampuan Bahasa Perancis yang dinyatakan dalam DELF/DALF B1 (intermediate). sejak dibuka pada tahun 2009, telah menerima lulusan-lulusan berkualitas bukan hanya dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) teknik, namun juga Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Madrasah Aaliyah (MA). Mereka juga berasal dari berbagai penjuru nusantara, mulai dari Sumatra Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, hingga Sulawesi Selatan. Dengan visi utama mencetak generasi muda ahli tera yang terdidik dan terlatih, program ini mendidik para siswa untuk mampu menerapkan pengetahuan kemetrologian, memecahkan persoalan dalam praktek-praktek kemetrologian, memanfaatkan teknologi informasi dalam menunjang tugas-tugas kemetrologian, serta mampu mengikuti perkembangan metrologi legal dan teknologi lain yang menunjang tugas-tugas kemetrologian. Para siswa juga dilatih untuk mampu bekerja sama dalam suatu tim dan berkomunikasi secara efektif.

Guna menunjang seluruh tujuan tersebut, program ini memberikan beasiswa biaya pendidikan, sehingga dalam pendaftaran program, proses seleksi, dan proses pendidikan, setelah menjadi siswa program ini, tidak akan dikenai biaya apapun. Kurikulum program ini pun disusun dengan komposisi: 50% waktu pendidikan digunakan untuk mengikuti pelajaran ilmu pengetahuan teoritis di kelas sebagai transfer ilmu pengetahuan dasar; dan 50% waktu pendidikan dialokasikan untuk mengikuti praktek di laboratorium/workshop, praktek ini dibutuhkan untuk memverifikasi ilmu pengetahuan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa. Selain itu, disediakan pula fasilitas berupa ruang perkuliahan, ruang dan perlengkapan praktikum, perpustakaan, sarana olahraga, dan kesempatan untuk mengikuti kegiatan mahasiswa di ITB.

Syarat Pendaftaran Calon mahasiswa berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau UMUM berijazah Sekolah Menengah Umum (SMU)/Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah, dengan bidang keahlian Ilmu-Ilmu Eksakta.
A. PELAMAR PNS Melaksanakan tugas di Dinas Perindustrian dan Perdagangan, atau dinas-dinas lain di Propinsi, Kabupaten, dan Kota; Usia maksimal 27 Tahun; Bagi wanita tidak dalam keadaan hamil; Berbadan sehat yang harus dinyatakan dengan surat keterangan dokter; Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Dinas masing-masing.
B. PELAMAR UMUM Lulusan tahun 2009/2010: Nilai rata-rata pada Ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) khususnya untuk pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris tidak boleh kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol); Lulusan tahun 2011: Nilai rata-rata pada Ijazah/Ijazah Sementara/Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol) khususnya untuk pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris tidak boleh kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol); Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan; Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam Ijazah/Surat Tanda Lulus (STL)/Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) tidak lebih dari 25 tahun per 31 Desember tahun berjalan; Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah masing-masing; Ukuran untuk file yang di-upload: Pas foto berwarna .JPG (max 100 kB); Akte kelahiran .JPG (max 1 MB); Ijazah .JPG (max 1 MB); Surat rekomendasi Kepala Sekolah .JPG (max 1 MB); Sehat rohani dan jasmani (tidak cacat fisik), tidak buta warna, dan bebas dari narkoba atau sejenisnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Pemerintah; Surat pernyataan di atas materai mengenai kesanggupan untuk mengembalikan seluruh biaya seleksi jika yang bersangkutan mengundurkan diri setelah pendaftaran ulang program DIII Metrologi dan Instrumentasi.

Ujian Tertulis Ujian substansi akan dilaksanakan pada: Hari & tanggal : Minggu, 12 Juni 2011 Waktu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB Materi : Pengetahuan Umum Matematika Fisika Bahasa Inggris Peserta wajib mengenakan pakaian sesuai aturan: Seragam sekolah, atau Kemeja terang dan celana/rok panjang berwarna gelap Tempat ujian : Bandung Gedung Kuliah Umum (GKU) Barat – Institut Teknologi Bandung (ITB) Jl. Ganesha no. 10 Bandung Selama mengikuti Ujian Tertulis Program D-III Metrologi dan Instrumentasi, peserta wajib tiba di tempat ujian 15 (lima belas) menit sebelum ujian dimulai dan wajib membawa: Kartu Peserta Ujian (diperoleh pada saat verifikasi dokumen) Pensil 2B Penghapus Peruncing (rautan) pensil Papan alas menulis ayo buruan daftar jurusan gw ini… info lengkap http://psb-d3metrologi.net/

3 thoughts on “D3-Metrologi ITB

  1. ka mau tanya mohon dibalas secepatnya , tingkat kesulitas tesnya susah ngga kaya snmptn atau usm itb ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s