Anak SMAN 1 CIamis ’09 di ITB


Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan Institut Terbaik di Indonesia khususnya di Fakultas Tekniknya. ITB tentunya menjadi idaman banyak siswa di Indonesia tidak terkecuali dengan anak Ciamis, termasuk anak-anak SMAN 1 Ciamis. Tiap tahunnya, banyak siswa Smansacis yang tertarik masuk ITB, dan tidak sedikit pula yang menyerah sebelum bertanding. Kebanyakan berpikiran bakalan gak kuat kuliah di ITB. Padahal, kalau boleh jujur, kuliah di ITB memang bisa dikatakan sulit  (meskipun sebenarnya gak 100% benar juga), tapi itu dialami semua orang yang masuk ITB, bukan hanya anak SMAN 1 Ciamis saja… Anak SMAN 1 Ciamis di ITB gak ketinggalan juga MESKIPUN HANYA 6 ORANG SAJA… Nih dia beberapa kisah tentang anak-anak SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 yang kuliah di ITB dan sekilas aktifitasnya saat SMA…..

1. Andri Rahmadhani, Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Andri Rahmadhani, Alumni SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 kelas XII IPA 1, masuk ITB lewat USM jalur beasiswa tidak mampu. Orangnya rajin, jago komputer lagi. Di FMIPA, Andri dikenal karena kepintarannya, di tingkat 1, Andri meraih IPK 4 dan mendapat penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi di FMIPA. Andri juga jadi nominasi peraih Gamais Award Bidang Mahasiswa Muslim Berprestasi di FMIPA. Pas SMA, Andri ini aktif di Ikatan Remaja Mesjid (IRM) Al-Kautsar, di IRM ini Andri menjabat sebagai Sekretaris.

2. Muhammad Akbar Jamaludin, Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika

Muhammad Akbar Jamaludin, Alumni SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 kelas XII IPA 1, masuk ITB lewat SNMPTN. Alhamdulillah sekarang diberi amanah jadi Ketua Angkatan Elektroteknik ( gabungan Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, dan Teknik Tenaga Listrik) 2009. Terakhir, meraih penghargaan Gamais Award Bidang Mahasiswa Muslim Berprestasi di STEI. Pas TPB, dapet IP 3, 89. Aktifitas lain di kampus, aktif di Gamais, MSTEI, KMC ITB dan Staff Akademik Penkesma Kabinet KM ITB. Pas SMA, Akbar ini aktif di OSIS ( Anggota Sekbid E pas kelas X, dan Ketua OSIS pas kelas XI), IRM Al-Kautsar ( Ketua Dewan Presidium), KIR ( Kabid Matematika), dan Pramuka (Pembaca Sandi Ambalan Ciung Wanara).

3.  Raden Rini Kartikasari, Farmasi Klinik dan Komunitas, Sekolah Farmasi

Raden Rini Kartikasari, Alumni SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 kelas XII IPA 1, masuk ITB lewat SNMPTN. Selama 2 Semester di TPB Rini dapet IP ~ 3,6. Aktivitas di kampus, aktif di HATI. Awalnya tidak menyangka bakal masuk ITB ( gak disangka aja masuk apalagi kalau emang dari awal yakin masuk ya…..). Selama di SMA, Rini ini aktif di OSIS dan juga di Nuansa . Rini ini merupakan salah satu pemain teater terbaik yang saya tau di SMAN 1 Ciamis angkatan saya…

4. Ade Apip Zakaria, Teknik Metalurgi, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Ade Apip Zakaria, Alumni SMAN 1 CIamis lulusan 2009 kelas XII IPA 2, masuk ITB lewat SNMPTN. Apip ini adalah satu teman yang sering mengajari saya untuk pelajaran Kimia dan Biologi pas SMA dan berlanjut saat kuliah di tingkat 1 juga. Pas TPB Apip dapet IP~3,4. Apip aktif menjadi salah satu pendamping kelompok (taplok) di INKM ITB. Apip ini juga merupakan salah satu anggota Unit Kebudayaan Aceh ( jago tari saman… hehe). Aktifitas pas SMA, jadi anggota Paskibra, IRM, Pramuka ( Jadi Krani 1… Juru tulisnya Ambalan Ciung Wanara)….

5. Muhammad Derian Zachary, Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Muhmammad Derian Zachary, Alumni SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 kelas XII IPA5, masuk ITB lewat SNMPTN. Selama 2 semester TPB Dei ( nama panggilannya) dapet IP ~3,5. Dei ini aktif di Kabinet KM ITB bagian Kajian dan Strategis, di Gamais bagian G-Corps (Bagian Gamais yang mengelola keuangan), dan juga aktif di Majelis Ta’lim Salman ITB. Waktu SMA, Dei ini adalah Ketua IRM Al-Kautsar, jadi Tim SAR Ambalan Ciung wanara juga.

6. Ayu Puji, Teknik Metrologi, Fakultas Teknologi Industri

Ayu Puji, Alumni SMAN 1 Ciamis lulusan 2009 kelas XII IPA 5, masuk ITB lewat jalur penerimaan D-3 metrologi. Pas TPB, Ayu meraih penghargaan Gamais Award bidang Mahasiswa Muslim Berprestasi D-3 Metrologi dengan IP ~ 3,5 ( IP segitu di D-3 Metrologi tergolong sangat tinggi). Ayu ini juga menjadi Kader Muda Gamais. Pas, SMA, Ayu ini  menjadi anggota IRM Al-Kautsar.

Nah, setelah membaca beberapa kisah tentang lulusan SMAN 1 Ciamis ’09  di ITB. Mudah-mudahan bisa melecut semangat adik-adik untuk meneruskan perjuangan kami di ITB. Salah satu strateginya adalah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Sudah tidak jaman lagi pengen lulus dengan nilai tertinggi di SMA, pengen rangking 1 di kelas, dsb. Targetkan dari sekarang, masuk PTN favorit menjadi tujuan terdekat!! BUKAN UAN TERTINGGI, ataupun yang lainnya….

Salah satu kunci sukses adlaha KEJUJURAN… Belajarlah JUJUR… “Teman saya di ITB ada yang UAN matematika dapet 4,00, ada yang jumlah nilai UANnya hanya 40  TAPI BISA MASUK ITB. Di lain pihak, anak Ciamis yang biasanya dapet jumlah nilai UAN diatas 50, sangat susah untuk masuk ITB <mungkin karena nilai yang didapat itu tidak mencerminkan kemampuan sendiri>”.

JAUHKAN DIRI DARI KETERGANTUNGAN TERHADAP ORANG LAIN KARENA ITU AKAN MERUGIKAN KITA KELAK!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s